CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Friday, April 12, 2013

MEMORIES 4 YEARS AGO WITH YOUNG PATRIOT



Oke kali ini post saya berbeda dengan post-post sebelumnya. Kali ini saya akan bernostalgia dengan story saya 4 tahun silam. Yups lumayan lama tapi akan saya ingat seumur hidup saya.
Seleksi Paskibraka Kota Surabaya Tahun 2009
                Yups dimulai dari seleksi tingkat Provinsi yang saat itu digelar di Stadion ITS dan seleksi tingkat Kota yang diadakan di Halaman Kotamadya Surabaya. Pada saat seleksi di Tingkat Provinsi saya hanya masuk 56 besar dari 1000an peserta yang mendaftar ya belum rejekinya kali ya . Dan saat seleksi kedua Tingkat Kota akhirnya saya mewakili sekolah saya untuk bertugas mengibarkan sang saka merahputih, itu cita-cita saya meskipun nggak kesampaian di tingkat Nasional dan itupun merupakan khyalan tingkat tinggi saya sewaktu SMA hhe.
                100 Orang yang kepilih dari sekian ratus orang yang mendaftar dari seluruh sekolah yang ada di Kota Surabaya akhirnya dikumpulkan untuk latihan menyambut HUT RI yang ke-64 saat itu. Daaaannn Pra pelatihan pun datang. Kita 100 Orang yang terpilih berkumpul di Kotamadya Surabaya, pertama kita dikenalkan ke Pembina kita yaitu Bunda (panggilannya) yang saat itu menjabat sebagai Ketua Bakesbang Linmas, beserta senior-senior kita tahun 2008. Pada saat Pra pelatihan itu kita juga langsung Latihan yang dibagi menjadi 3 Pleton, agar bisa menyesuaikan dengan teman yang Lain.
                Foto saat Pra-Pelatihan



Oke itu hanya sekilas tentan Pra-Pelatihan, sekarang kita memasuki Pembekalan CAPASKA (Calon Pengibar Bendera Pusaka ). Disana isitilahnya kita sudah memasuki Pelatihan yang sesungguhnya dan akan berlangsung kurang lebih 1 bulan setiap hari latihan dari pagi hingga petang. Terpilih menjadi PASKOT (Paskibraka Kota ) itu enak loh selain bisa membanggakan kedua orangtua dan sekolah kita bisa hidup terjamin istilahnya sehat walafiat lah hhe .Kita selama latihan rutin itu harus datang 05.30 sudah sampai di Kotamdya Surabaya, Lari-lari memutari balkot dulu untuk pemanasan, atau senampagi dan makan. Setelah itu latihan baris-berbaris, dan saat yang ditunggu-tunggu yaitu coffebreak hha makan lagi deh. Kembali latihan lagi, nggak terasa sudah waktunya lunch dan makan lagi nanti stelah latihan lagi jam 3 sore biasanya kita diberi snack lagi . Oke bisa dibayangkan berapa kalori dan vitamin yang berada ditubuh kita saat itu hahahahahaaha.





Kebersamaan yang seperti ini yg saya kangenin 







Nggak terasa akhirnya kita memasuki jadwal pengukuhan yaiitu dimana kita dikukuhkan sebagai Paskibraka Kota Surabaya, sungguh perjalananan yang sangat melelahkan dan banyak storynya.
Yups kapan lagi sebingkai foto dengan Pak Wali dan Pak Wawali :D 
Detik berganti menit, menit berganti jam, jam berganti hari demi hari tidak terasa Pengibaran pun semakin tiba. Semua tanggungjawab berada di kita. Semakin degdegser lah istilahnya, ini bukan tugas main-main mengibarkan Sang Saka Merah Putih, kalau terjadi kesalahan tamatlah sudah latihan selama sebulan lebih itu. Latihan dari pagi buta sampai petang kita lakukan bersama-sama, untuk dapat menunjukkan pengibaran yang sempurna. Dimana mental dan tenaga sudah terkuras tapi kita tetap semangat untuk satu tujuan ! 

Seminggu sebelum Pengibaran kita di asramakan di Hotel yang terletak didekat Pasar Atom. Disana kita benar2 di bimbing mental kita untuk menampilkan yang terbaik pada saat Pengibaran nanti. Selama sebulan lebih kita semua sudah seperti saudara yang susah senang bersama .miss that !
Dan Malam Renungan jiwa pun kita lewati, malam renungan jiwa ini adalah sebuah ritual yang dari jaman senior-senior kita sampai kita harus dilakukan sebelum pengibaran dimulai esok harinya, semakin ndredek saat itu. Kita diberi nasehat-nasehat, kepala dicemplungin ke bak yang berisikan kembang 7 rupa  dan pada saat mencium bendera MerahPutih itu  merupakan momentum yang sangat sakral bagi kita semua. Dan semangat kita semakin membara :)

Oke seingat saya acara sakral tersebut selesai jam 10an lah dan akhirnya kita balik ke hotel setelah menjalani kegiatan yang sangat melelahkan. Akhirnya hari yang ditunggu-tunggu tiba, yups Pengibaran Sang Saka Merah Putih. Kita semua bangun subuh kebayang nggak tuh pagi-pagi disuruh bangun, mandi trus menuju ruang make-up untuk dimake-up in, setelah itu makan pagi bersama. dan berkumpul untuk menuju Balai Kota Surabaya, betapa sangat nervousenya kita semua. 
Sesampai di Balkot kita semua berkumpul, berdoa semoga kerjakeras selama ini membuahkan hasil, dan upacara pun dimulai, taaaaaararrararararararrararrararararrarararrararara pengibaran selesai dengan sempurna, pengorbanan, kerja keras tidak terbuang percuma. Selesai pengibaran kita nangis bahagia nggak menyangka seperti ini hasinlnya. Setelah salaman dengan senior-senior, berpelukan bersama dulur-dulur nangis-nangisan akhirnya kita ke halaman balkot lagi berjalan sambil menyanyikan lagu " Hey KITA PASTI BISA " dengan senyum yang lebar dan lega :D



"Berikan yang terbaik kepada angkatanmu, kita ingin Paskibraka Surabaya terus maju walau badan sakit-sakit dan kulit mulai menghitam kita tidak putus asa HEY KITA PASTI BISA !"

proud you were chosen to be paskot because this opportunity of a lifetime and will not happen again
I proud and miss you guys :) 


No comments:

Post a Comment