CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Thursday, March 28, 2013

Disadari atau nggak, berakhirnya dan pertandingan olahraga, selalu saja meninggalkan gunungan sampah, mulai dari plastik, air minum kemasan, sampai sytofoam. Emang bisa ya bikin event dengan sedikit atau bahkan tanpa sampah ?

Reduce Waste 

               Every human activity produces waste. Wajar aja kalau kita nemuin banyak sampah setelah berlangsungnya event, tapi bukan berarti sampah-sampah itu nggak bisa kita kurangi kan ? Nah, konsep buat ngadain acara yang menekan produksi sampah disebut zero waste event . Nggak cuman dari pihak panitinya saja , disini para pengunjung juga diajak berpartisipasi meminimalisirkan sampah. Prinsip 3R (Reduce, Reuse, Recycle) diusung disini. Bisa dibilang, aksi ini adalah bentuk nyata dalam upaya mengurangi pengeluaran sampah dari sebuah event. Pelaksanaanya memang tidak gampang, but we know we have to start before it's too late :)

Make  A zero waste event 


  • Paperless It's a digital era, kita bisa bikin event ini jadi nggak terlalu "nyampah"dengan menguarangi pemakaian kertas untuk poster dan flyer, lalu lebih memanfaatkan sosial media seperti Twitter, Facebook, blog, website, atau undangan lewat email blast dan berbagai jenis messenger. Mainkan juga keberadaan media elektronik seperti radio dan tv buat lebih memperkenalkan event kita.
  • Communicate Cantumkan di media promosi kalau ini adalah event yang zero waste. Ajak calon pengunjung buat aware dengan datang bawa tumbler misalanya, atau tidak membawa makanan dengan bungkus yang tidak bisa di-recycle dan lebih memilih sapu tangan kain daripada tisu. Tapi jangan lupa juga siapin minuman-minuman dalam galon untuk pengunjung mengisi ulang tumbler mereka. Komunikasikan juga dengan sponsor atau pihak lain yang ikutan di event kita untuk tidak menggunakan barang-barang yang tidak bisa didaur ulang seperti gelas plastik, atau tas dan kotak syrofoam, dan sebisa mungkin, memakai material yang reusable buat bazzar stand atau propertinya.
  • Waste Separation Walaupun segala produksi sampah sudah berusaha diminimalisir, tapi pasti tetap saja bakal ada sampah. Sediakan tempat sampah berukuran besar ditempat-tempat strategis. Kita bisa menyediakan dua jenis tempat sampah yaitu organik dan non organik. Don't forget to give a clear notification biar yang mau membuang sampah tidak bingung 
"Zero waste event is not impossible, but it may not be easy. But it's worth fighting, buat for a better world"

Sumber : gogirlmagz

No comments:

Post a Comment